Software Open Source

Sebenarnya, di dunia ini tidak semuanya software yang baik dan stabil itu harus bayar atau tidak gratis. Banyak sekali situs-situs penyedia software yang menurut orang banyak dapat disetarakan dengan software yang berbayar.

Namun, beberapa orang juga ada yang kurang percaya dengan yang namanya software gratisan. Disebabkan karena pemakaianya yang mungkin agak rumit, takut software itu adalah malware/mengandung virus, dan fitur-fiturnya yang terbatas. Tetapi, untuk penggunaan yang sederhana saja sudah mencukupi, bahkan dapat digunakan selama pemakaian.

Jika kita mempunyai internet saja, maka kita sudah dapat mencari bermacam-macam softwae yang gratis atau freeware atau open source. Tetapi, kita pun juga harus waspada dan hati-hati akan bahayanya software buatan yang tidak jelas asalnya. Di blog ini juga tersedia beberapa software yang freeware dan dianggap terpercaya. Ini adalah sebagian software freeware yang bisa anda download. Mudah-mudahan bermanfaat.
  1. Foxit Reader 3.0 build 1506, sama fungsinya dengan Adobe Reader, untuk membaca file .pdf. Bedanya, software ini gratis(walaupun ada yang berbayar, versi Pro) dan loading yang cepat. Selain itu, bisa anda download di sini atau versi yang portablenya, langsung dijalankan, cocok dimasukkan di Flash Disk.
  2. 3d Canvas 7.1.1.2, untuk membuat animasi dan gambar 3 dimensi seperti 3d Studio Max, tetapi ini lebih simpel. Spesifikasi yang dibutuhkan adalah OS Microsoft Windows Vista, Windows XP or Windows 2000, 16 MB VGA Card, dengan resolusi minimal 800x600. Juga dibutuhkan DirectX 9.
  3. McAfee Avert Stinger, antivirus yang berdiri sendiri yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus. Tetapi ini bukan digunakan sebagai pengganti antivirus biasa untuk memproteksi , tetapi hanya sebagai antivirus portabel/digunakan secara opsional. Stinger memiliki fitur sama halnya dengan antivirus biasa, yaitu proses scan, seperti, update DAT files, dan peningkatan scan. Cocok untuk Flash Disk.
  4. GIMP 2.6.6, untuk mengolah dan mengedit gambar, mirip Photoshop, tetapi agak beda sedikit.
  5. PC Wizard 2008, untuk mengetahui spesifikasi komputer kita lebih dalam plus fitur benchmark hardware. Ada juga yang versi yang tanpa diinstal.
  6. GetDataBack for NTFS dan FAT, mengembalikan data pada device penyimpanan yang tidak disengaja hilang.
Sebenarnya, masih banyak lagi. Selanjutnya, anda cari lagi sendiri. Atau kapan-kapan saya akan memposting software freeware satu-persatu.

0 Komentar :

Posting Komentar