Masalah Windows SP3 pada MoBo ECS

Kasus ini terjadi secara langsung pada Motherboard (MoBo) pada komputer saya. Saya memiliki MoBo ECS tipe P4-M800-M3 yang baru sudah setahun saya pakai untuk sistem komputer saya (aslinya punya kakak saya). Saat saya mendengar adanya atau keluarnya Windows SP3, langsung aja instal SP3 yang kebetulan saya punya. Dari situ saya langsung upgrade (CD yang saya pakai itu versi Upgrade) dari SP2 ke SP3.


Dari sinilah masalah dimulai. Setelah selesai instal, masuk ke desktop dan mengingat yang saya pakai itu versi upgrade, maka program-program yang ada di dalam partisi sistem tak dihapus. Tiba-tiba, Windows mengeluarkan New Found Hardware Sound Device. Saya kaget sekali ketika saya melihat itu. Padahal saya cuma meng-upgrade OS saja, tidak format ulang. Dari Device Manager pun hanya dikenal dengan PCI device tapi cannot start.

Lalu, saya cari masalah itu dengan Googling ke Google dengan kata Sound installation problem in XP SP3;ECS. Ternyata, dari situ banyak hasil yang mengeluhkan masalah yang sama dengan saya. Dari berbagai forum juga banyak. Rupanya, dari banyak forum yang saya baca, sumber masalah berasal dari Windows Sp3 nya sendiri yang katanya tidak support ke MoBo ECS dengan chipset audio Realtek(ini sih katanya dari forum-forum ya...). Mungkin solusi bagi saya yaitu upgrade kembali dengan versi SP2 saja, mengingat fitur yang dibawa SP3 tidak terlalu berbeda dengan SP3. Semoga bermanfaat...

1 komentar :

  1. sama dunk gw jg pake ECS yang kyk lu...
    brarti gw kayaknya g jadi nih nginstal SP3 di kompie gw

    BalasHapus