Cara Mengetahui Ke-Original-an HP

Sebenarnya, cara ini sudah kuno dan sudah lama sekali dilakukan. Saat saya menulis posting ini, saya ingat akan hal ini. Maka dari itu, saya cari di "bang" Google. Saya sekedar ingin memberitahukan kepada anda yang membaca posting ini, karena mungkin hal ini penting juga. Tetapi, dalam prakteknya, harus HP yang GSM, bukan CDMA...

Bagaimana kita tahu kalau HP kita itu asli atau bukan? Berikut panduannya.

  • Tekan/ketik * # 06 # pada tombol HP(jangan di telepon rumah ya...)
  • Sesudah menekan, kita akan melihat akan ada tampilan IMEI number(dari situlah kita akan mengetahui keaslian HP kita). IMEI adalah International Mobile Equipment Identity, pengertiannya cari di Google ya...
  • Akan terdapat nomor sebanyak beberapa digit, misalnya di HP saya, SE K500i, IMEI-nya 35423200361091309
  • Yang kita lihat dan perhatikan adalah pada nomor ketujuh dan kedelapan. Berikut kriterianya.
  • Jika nomor itu adalah 02 atau 20 berarti artinya, buatan dari Asia yang memiliki kualitas yang buruk.
  • Jika nomor itu adalah 08 atau 80 berarti artinya, buatan dari Jerman yang kualitasnya tidak terlalu buruk sekali.
  • Jika nomor itu adalah 01 atau 10 berarti artinya, buatan dari Finlandia(pabriknya Nokia) yang kualitasnya bagus atau baik.
  • Jika nomor itu adalah 00 berarti artinya bahwa HP itu buatan dari Perancis yang merupakan kualitas paling bagus di kelasnya.

  • Coba saja sekarang...

    Kalau HP kamu itu nomor IMEI nya tidak tercantum di atas, berarti HP
    kamu bodongan alias Tidak Jelas buatannya.

    1 komentar :